Site Info


Membuat Fanspage Dan Memasang Like Box Facebook

Membuat Fanspage Dan Like Box Facebook
Mungkin kita sering berkomunikasi dengan pengunjung blog di kolom komentar blog. Padahal, sebenarnya masih ada cara lain yang tepat untuk berkomunikasi dengan pengunjung blog. Salah satunya adalah dengan melalui Facebook,Twitter, Google Plus, dan sejenisnya. Nah, pada tutorial yang sedang dibahas sekarang, kita akan membuat fanspage di Facebook dan memasang like box-nya di blog kita. Bagaimana? Apakah menarik?

Dengan membuat fanspage, kita juga dapat memiliki peluang untuk meraih / menambah traffic blog. Mengapa? Karena, kita jadi dapat mengundang semua teman kita dan meminta mereka untuk mengunjungi blog kita tercinta. Kita juga dapat meminta teman kita untuk mengundang teman-temannya untuk mengunjungi blog kita atau menyukai fanspage blog kita. Dengan begitu, kita memiliki harapan untuk membuat blog kita lebih dikenal masyarakat luas.

Tak ada salahnya juga kita menyukai fanspage blog yang lainnya untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang blogger. Namun, saya sarankan jangan terlalu cenderung mengurusi fanspage blog lain, karena Anda akan mempunyai fanspage blog Anda sendiri. Untuk membuat fanspage dan likebox, ikuti langkah-langkah berikut dengan cermat:

A. MEMBUAT FANSPAGE FACEBOOK

1. Login ke akun Facebook Anda.

2. Buat dahulu fanspage. Klik disini untuk membuat fanspage .

3. Klik Merek atau Produk.
Membuat Fanspage Dan Like Box Facebook 1
4. Pilih kategori Web dan isikan nama fanspage blog Anda. Centang Facebook Pages Terms dan klik Get Started.
Membuat Fanspage Dan Like Box Facebook 2
5. Isi dan lewati keempat step (langkah) yang akan diminta oleh pihak Facebook. Isikan data dengan benar.
Membuat Fanspage Dan Like Box Facebook

6. Jika Anda telah melewati keempat langkah yang diminta oleh Facebook, maka Anda sudah mempunyai fanspage. Cobalah untuk mengundang teman-teman Anda untuk menjadi anggota melalui dasbor fanspage Anda.

B. MEMBUAT LIKE BOX FACEBOOK

Setelah membuat sebuah fanspage, maka kita juga harus memiliki "pelengkapnya". Pelengkapnya yaitu adalah like box. Mengapa? Karena saat pertama kali dibuat masih suatu fanspage masih sangat sepi. Kita membutuhkan anggota yang banyak agar dikenal. Like box berbentuk seperti banner yang berukuran kecil, sedang, hingga panjang. Fungi likebox, adalah untuk memungkinkan pengunjung blog dapat langsung mengeklik tombol like (suka) tanpa harus membuka halaman Facebook. Untuk membuat likebox, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Setelah membuat fanspage, sekarang kita akan membuat like box. Klik disini.

2. Isikan URL halaman fanspage blog Anda yang dibuat tadi. Sesuaikan lebar dan tinggi widget (dalam satuan pixel) dan warna widget fanspage yang akan ditampilkan dalam like box. Setelah itu, klik Get Code.
Membuat Like Fanspage dan Like Box



3. Perhatikan gambar diatas. Setelah Anda mengeklik Get Code, Anda harus memilih kode yang jenisnya HTML5. Jika sudah, Anda akan menjumpai kode 1 dan kode 2 seperti yang terlihat diatas. 

Untuk yang kode 1, copy terlebih dahulu kodenya. Kemudian masuk ke Template, kemudian pilih Edit HTML. Cari kode </body>. Untuk mempermudah, klik Ctrl+F untuk mencari. Setelah ketemu kodenya, letakkan kode 1 yang telah di copy tepat diatasnya. Klik Simpan Template.

Untuk yang saya namakan kode 2, copy terlebih dahulu kodenya, kemudian masuk ke Tata Letak, klik tambahkan gadget, kemudian pilih gadget HTML/JavaScript. Letakkan kode 2 yang tadi di copy ke kolom konten. Untuk judul, terserah Anda mau beri nama apa. Asalkan berhubungan dengan like box.

4. Simpan template.

Masalah yang mungkin terjadi:

Mungkin saja Anda akan menerima pesan seperti ini saat berusaha untuk mencopy kode pertama diatas kode </body>.
Pemecahan Masalah pembuatan like box

Permasalahan ini terjadi karena tag ";" setelah AppID tidak tetutup. Solusinya, jika Anda memang menerima pesan seperti gambar diatas, maka solusinya adalah kita harus menambahkan simbol ";" (tanpa tanda kutip) di depan kata appId. Sehingga kode yang tadinya seperti ini:

.........js#xfbml=1&appId=202332576636082";............

Maka, seperti intruksi diatas, kita hanya cukup menambahkan kata ";" (tanpa tanda kutip). Setelah kita mengikuti instuksi seperti diatas (menambahkan ";" sebelum kata appId), maka kode 1 yang telah berubah akan menjadi seperti ini:

.........js#xfbml=1&appId;=202332576636082";............

Tutorial ini telah saya coba dan hasilnya 100% berhasil..buktinya, lihat saja di blog ini pada bagian sidebar kanan. Disana terdapat like box yang saya pasang, yang tata caranya sama dengan tutorial yang sekarang ini telah dibahas. Oleh karena itu, apabila ada yang kurang, silakan tanya melalui kolom komentar dibawah. Terima kasih. Have fun with likebox in your blog

4 komentar:

  1. kalau belum punya appID bisa gak gan ?

    kunjungan baliknya ya gan,

    lirikmagz.blogspot.com
    discount-here.blogspot.com
    belajarbahasainggrisoffline.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari pengalaman saya, jika tidak punya appID tidak ada masalah tuh..

      Hapus
  2. tetep gak bisa gan, gimana tuch ?
    ane udah pake ";" seudah appid.

    kunjungan baliknya ya gan,

    lirikmagz.blogspot.com
    discount-here.blogspot.com
    belajarbahasainggrisoffline.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah masa, saya sudah coba sendiri tapi work kok gan..
      coba deh agan ilangin ";" nya..

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar. Komentar yang mengandung bahasa kasar, SPAM, dan SARA tidak akan dibalas dan akan ditaruh dalam folder SPAM. Blog ini menerapkan fitur moderasi komentar. Dilarang menyertakan link hidup atau mati serta bentuk promosi lainnya. Terima kasih.